Rabu, 28 Mei 2008

artikel-artikel hardware komputer

Beep :
bunyi speaker yang dikeluarkan komputer pada proses postatau pada saat ada kesalahan/gangguang tertentu. Suarayang muncul melalui speaker komputer, umunyamenunjukkan adanya kesalahan dalam program yangsedang berjalan. Beep dapat ditambahkan dalam programyang dibuat dengan menyisipkan kode ASCII 7.

BIOS :
Basic Input Output system . Software yang dipasang padachip komputer untuk mengatur operasi dasar seperti layar,harddisk, memory, VGA, dll. Bagian dari sistem operasiyang bisa mengidentifikasi set program yang digunakanuntuk mem-boot komputer, sebelum menempatkan disketsistem. BIOS terdapat di ROM (Read Only Memory) darisistem dan umumnya tersimpan secara permanen.Program yang digunakan mikroprosesor untukmenyalakan komputer. BIOS juga mengatur aliran dataantara sistem operasi komputer dan perangkat tambahanyang terhubung pada komputer.

Booting :
Proses menghidupkan komputer.

Bootable CD :
CD yang dapat digunakan untuk booting

Bus :
Saluran yang terdiri dari sekumpulan jalur yang sejenis.Sekumpulan kabel yang merupakan alat transportasiinformasi ke semua peralatan dalam sistem. Informasitersebut dapat berupa data, perintah atau alamat.

Cache Memory:
Memori berkecepatan tinggi yang mampu bekerjasamadengan CPU, bertindak sebagai buffer antara CPU danmemori utama yang lamban.

Casing :
Casing. Kotak tempat mesin komputer (motherboard danpendukungnya, power supply, disk drive, hardisk, CD ROMdrive). Wadah atau tempat melindungi motherboard,control board, power supply disk drive dan komponenkompenenlainnya. Sebuah case komputer sebenarnya taklebih dari rangka dari sebuah komputer. Case ini adalahtempat komponen-komponen yang membentuk sebuahsistem komputer terletak, juga untuk meletakkan alatpendingin (cooling fan), dan juga meng-ground listrikyang terdapat pada komponen-komponen yang adamelalui rangka yang terbuat dari besi. Case yang besardengan tempat ekspansi yang banyak lebih disukai,dengan adanya ruang ekspansi yang banyak anda dapatmenambahkan perangkat-perangkat lain dengan mudah.Contoh perangkat-perangkat yang dapat ditambahkan inimisalnya drive DVD, CD writer, dan lain-lain. Saat ini casedengan bentuk tower biasanya lebih disukai daripada casedengan bentuk desktop karena memiliki tempat yang lebihluas untuk ekspansi, dan juga dapat memiliki kemampuanpendinginan yang lebih baik. Sebuah case bisa berupa ATatau ATX, dimana perbedaannya terletak pada posisimotherboard nantinya, demikian pula power supply yangdatang bersama case tersebut. Case komputer biasanyadatang bersama-sama dengan power supply, walaupunkadang-kadang disarankan agar anda membeli powersupply terpisah sehingga bisa mendapatkan kedua barangtersebut dengan kualitas yang sama-sama tinggi.CD ROM Drive :Alat pemutar CD ROM. Suatu drive untuk merekam ataumemainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalahCD-ROM (CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical)dan WORM (Write Once Read Many).
CD ROM Drive:Alat pemutar CD ROM. Suatu drive untuk merekam ataumemainkan Compact Disk, yang sering dijumpai adalah CDROM(CD Read Only Memory) MO (Magneto-Optical) danWORM (Write Once Read Many).

CGA :
Color Graphics Adaptor. Salah satu tipe monitor, yaitustandar Ibm untuk kualitas monitor resolusi rendah, dalammode grafik hanya dapat menampilkan 4 warna.

Clock :
Jam/pewaktu. Rangkaian pembangkit frekuensi. Sumberutama dari pulsa elektronik komputer. Clock digunakanuntuk menyamakan operasi semua elemen komputer.

CMOS :
Compelementary Metal Oxide Semiconductor. RAMkecil berukuran 64 byte yang menyimpan setting BIOSsaat komputer sedang dimatikan. CMOS merupakanperluasan dari teknologi MOS yang menghasilkan ICdengan kebutuhan tenaga baterai rendah. CMOSdigunakan untuk menyimpan program konfigurasi,program diagnostik dan informasi tanggal dan waktupembuatan file yang tidak akan hilang meskipun komputerdimatikan.

Com :
Singkatan dari Communications atau sering disebut serialport, yaitu komponen yang menghubungkan CPU denganprinter, modem dan alat lainnya.

CPU :
Central Processing Unit. Unit pemroses utama dalam istilahteknik disebut mikroprosesor, sedang dalam pengertianumum adalah mesin komputer yaitu casing beserta semuaisi didalamnya. Pusat pengolahan masukan sehinggamenghasilkan keluaran. Termasuk di sini adalah semuaregister, sirkuit aritmatik, unit pembanding, dsb.

CRT :
Catoda Ray Tube Teknologi yang dipakai untuk membuatsistem tampilan/monitor komputer menggunakan tabungsinar katoda.

Disk :
Suatu media penyimpanan data. Yang dimaksud dengandisk adalah floppy disk atau hard disk. Sedangkan floppydisk adalah disket. Piringan tipis yang dilapisi bahanmagnetik (oksida besi) yang mampu menyimpan sejumlahdata atau informasi. Pembacaan dan penulisan informasidipusatkan pada track.

Disk Boot :
Disket yang dapat digunakan untuk melakukanbooting komputer

Disk cleaner :
cairan yang digunakan untuk membersihkanhead pada diskdrive

Disk defragmenter :
tool yang digunakan untuk mengatur strukturatau tata letak file sehingga akan mengurangifragmentasi sebuah space hardisk.

DRAM :
Dynamic RAM. Memori PC yang dapat dibaca dan ditulisi.Untuk menyimpan data dalam memori, isinya perlu direfresh secara periodik. Jenis memori ini banyakdigunakan pada bagian memori utama yang digunakanuntuk rutin proses.

Drive :
Pintu, penggerak disk.

Driver :
Software yang menjadikan sistem operasi bisaberkomunikasi dengan peripheral atau alat lain, misalnyamouse driver untuk mengendalikan mouse.

EGA :
Enhanced Graphics Adaptor. Salah satu standardresolusi monitor. EGA mampu menampilkan 16 warnadalam model grafik, setingkat di atas monitor CGA.Monitor dengan card EGA mampu menampilkan 16 warnapada bentuk teks (80 x 25 karakter atau 40 x 25karakter), 16 warna pada bentuk resolusi rendah dan 4warna pada resolusi tinggi dan tampilan grafik 640 x 350titik. Perkembangan dari jenis EGA diantaranya adalah ATITechnologies Inc dengan card bernama EGA WONDER,dapat menampilkan 132 x 25 karakter. Monitor jenis EGAmasih memakai konektor monitor yang sama denganmonitor jenis CGA dan Monochrome. EVEREXmengeluarkan card EPGA (Enhanced Proffesional GraphicsAdapter), mampu menampilkan 649 x 480 titik (dot)dengan 256 warna, dari 4096 kombinasi warna dasar(pallette). EPGA dan disebut juga PEGA (ProffesionalEnhanced Graphics Adapter), ataupun PGA (ProffesionalGraphics Adapter), menampilkan layar teks 132 x 43karakter pada multi frekuensi atau Ulta sync, danfleksibilitas yang dapat menggunakan monitormonochrome maupun enhanced monitor. Monitor inimempergunakan konektor 9 pin yang terdiri dari 2 baris.

Floopy drive / diskdrive :
merupakan komponen komputer yangdigunakan untuk penggerak floopy atau disketsebagai media penyimpan data

GUI :
GUI (Graphical User Interface) merupakan tampilanmenu suatu program komputer dengan modegrafis.

Hard disk :
Media penyimpan data berkapasitas besar.

Head :
Kepala, ujung perekam, bagian dari drive atau disk yangberfungsi untuk membaca atau menulis.

Host :
Workstation (komputer pengguna)

Instalasi :
Melakukan pengkopian, penempatan dan konfigurasifile-file yang diperlukan oleh sistem komputer.

IP Address :
Alamat Internet Protocol merupakan nama sebuahkomputer yang terhubung dalam jaringan dalambentuk aturan tertentu.

Jaringan Komputer :
Hubungan antara komputer satu dengan komputerlainnya untuk mendapatkan sharing sumber daya.

Kernel linux :
Inti dari linux, merupakan kode-kode khusus yangdibuat untuk linux, dengan tugas manajemenproses, memory, driver hardware, driver file system,dan manajemen jaringan

Keyboard :
Papan kunci, papan ketik.

Konektor :
Suatu peripheral yang digunakan untuk menghubungkansatu node ke node lain melalui kabel.

LAN :
Local Area Network

LAN Card :
Sebuah periperal komputer yang digunakan untukmenghubungkan satu komputer dengan komputer lain.

LPT :
Line Printing Terminal atau paralel port. Port untukmenghubungkan PC dengan printer.

LSB :
Least Significan Bits. Unit terkecil dari informasi dalamsuatu bilangan biner. Satu bit cukup untuk menyatakanperbedaan antara ya dan tidak, atas dan bawah, on danoff, satu dan nol. Komputer harus menampilkan informasidalam bit karena sirkuit elektronik yang dibuat hanyamemiliki dua keadaan, on atau off. Dalam komputer suatuinformasi disusun dalam 8 bit atau 1 byte.

MPU :
Micro Processor Unit. Sama dengan CPU

Motherboard :
Papan rangkaian komputer tempat semua komponenelektronik komputer terangkai.

Mode Text :
Tampilan menu suatu program komputer denganmode tulisan atau text, biasanya perintahdieksekusi dengan tombol keyboard

Open Source :
Proyek pengembangan software komputer yangpendistribusiannya bersifat free dan menyertakankode program aslinya sehingga dapatdikembangkan orang lain.

Paterrn :
Kelompok data dalam satu kesatuan pada memory RAM,umumnya 1 byte = 8 bit.

PCI :
Peripheral Component Interconnect. Peripheral bus yangumum digunakan pada PC, Macintosh dan workstation.Pertama kali didesain oleh Intel dan muncul di pasaran padaakhir 1993. PCI menyediakan jalur transfer data cepatantara CPU dengan komponen-komponen peripheral lain diPC seperti video, disket, jaringan dan lain-lain.

Peripheral :
Peralatan. Spesifikasi peralatan pendukung yangdibutuhkan oleh sebuah PC agar dapat bekerja secaraoptimal.

PIC :
Programmable Interupt Controller. Kendali selaterprogram. Chip yang berfungsi untuk mengendalikanproses penyelaan antar periferal. Alat pengendali selaperiferal yang membantu kerja CPU dalam prosespenyelaan.

POST :
Power on Self-Test yaitu test yang dilakukan oleh PC untukmengecek fungsi-fungsi komponen pendukung PC untukbekerja dengan baik.

Power Supply :
Suatu rangkaian elektronik yang berfungsi sebagaipencatu daya/pemberi sumber tegangan/arus padaperalatan.

Protocol :
Aturan

RAM :
Random Access Memory, memori yang dapat dibaca danditulis. Informasi akan hilang jika komputer mati.

Reset :
Mengosongkan memori atau mengenolkan logika keluaran.Memulai dari awal.

Scandisk :
adalah tool yang digunakan untuk memeriksastruktur file sistem

Setup :
Menginstalasi

Server :
Server adalah komputer yang menjadi sentral danmenyediakan fasilitas bagi komputer-komputer lain

Sharing :
penggunaan bersama sumber daya (peripheral dandata) yang terdapat dalam komputer dalam jaringan.

Sistem Operasi :
Sistem operasi merupakan sistem yangmenghubungkan antara pengguna komputer denganperangkat keras komputer.

Software :
Piranti lunak, sebuah aplikasi program komputer

Source Code :
Kode sumber yang dapat dikembangkan olehPengguna

Tata letak :
yaitu gambar susunan komponen-komponen elektonikadalam bentuk gambar wajah dengan ukuran yang tepatsama.

Topologi jaringan :
Cara menghubungkan antar komputer

Troubleshooting :
Pemecahan permasalahan yang sering terjadi

User friendly :
Sangat memudahkan pengguna

USB :
Universal Serial Bus. Socket yang terdapat di semua PCmodel baru untuk koneksi perangkat-perangkat USB. USBmendukung instalasi yang mudah dengan system Plug andPlay, dan secara bertahap menggantikan port serial danpararel yang lama. Perangkat USB meliputi scanner, modemdan printer.

UTP :
UTP (Unshielded Twisted Pair) merupakan sepasangkabel yang dililit satu sama lain dengan tujuanmengurangi interferensi listrik yang terdapat dari dua,empat atau lebih pasang (umumnya yang dipakaidalam jaringan adalah 4 pasang/8 kabel) denganmetode pengawatan

VRAM :
Video Random Access Memory (Video RAM) Tipe spesialdari DRAM yang memungkinkan akses direct high speedmemory melalui sirkuit video. Jenis memori ini lebih mahalbila dibandingkan chips DRAM yang konvensional.

11 Komentar:

Blogger infogue mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
http://hardware.infogue.com/
http://hardware.infogue.com/artikel_artikel_hardware_komputer

anda bisa promosikan artikel anda di www.infogue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

12 Juni 2008 pukul 00.29  
Blogger Unknown mengatakan...

sorry, menurut kami artikel anda kalimatnya ada yang kurang spasi. tapi isinya bagus kok! CHAYOOOOO!

20 Oktober 2008 pukul 18.05  
Blogger �� mengatakan...

kenalkan namaku asep dari sukabumi
bagus sekali artikel yang anda buat kalo bisa tambahin terus ya bias saya bisa kunjungin terus blognya he...he.......
ni e-mailku maha_zozos@yahoo.co.id

31 Oktober 2008 pukul 21.16  
Blogger UntuNge Buanget mengatakan...

Salam kenal yaa..Artikelnya sip loh...boleh ngopy ndak???hehehe

31 Januari 2009 pukul 09.39  
Blogger amcnet_computers mengatakan...

bos, nebeng ngopi artikel lo.. mo tak pasang ke blog ku

11 Maret 2009 pukul 08.58  
Blogger joeriz_abhe.blogspot.com mengatakan...

waahh...kebetulan banget aku ge da tugas tentang hardwere computer... so artikel anda bisa aku copy dong sebagai jawaban tugas aku....
boleh yaaa...saya copy...???
lok bisa dikasi gambar yachh... oya...lok boleh gambarnya kirim ke e-maol aku yaaa...neh e-mailnya
joeriz.lombok@yahoo.com :~)

21 Maret 2009 pukul 05.19  
Blogger ilmuku mengatakan...

wah ok juga bos, boleh kenalan donk, gue juga gemar masalah komputer je...he...

19 April 2009 pukul 19.00  
Blogger Informasi IT mengatakan...

keren bgt ne...ijin copy dunk bwt blog gw!

24 April 2009 pukul 18.13  
Blogger EDI mengatakan...

bagus bgt..ijin ngopy yak bwt blog gw!bagi2 ilmunya bwt pemula kyk gw :d

24 April 2009 pukul 18.18  
Blogger Gethuk mengatakan...

bagus...bagus...saya sedot satu ya artikelnya...mampir dung di blogq www.gethuk-telo.blogspot.com...

25 Mei 2009 pukul 21.12  
Blogger Eka Prasetyo Risty mengatakan...

baguss....
http://ekaprasetyor.blogspot.com/

27 Mei 2009 pukul 01.50  

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda